http://www.ministrywatch.com/App_Themes/Gifs/star.gif

Pages

Subscribe Twitter Facebook

Jumat, 10 Februari 2012

Jerawat??? Udah Biasa, Tips dan Masker Alami

Selamat siang semuaaa. Haduh-haduh, seneng ya besok udah libur. Haghag... aku sih, entah kalau kalian. Tapi kalau aku sih libur nggak libur sama aja. Lha wong libur palingan juga cuma di rumah. 

Heemm... kali ini dan untuk pertama kali nih, aku mau bagi tips dan tips ini khusus aku dedikasikan untuk kalian wahai manusia-manusia jerawaters. Tapi kalau udah pada tau, ya syukur gitu lho, kan aku cuma nyontek juga tips di yahoo, tapi bukan berarti aku seorang plagiat kan????? Huh... sebel kan kalo udah denger satu kata itu. JERAWAT. Aku aja sampai sebel setengah, emm setengah apa ya? Hidup atau mati? Oke deh, nggak penting juga. Tapi sebelum aku bagi tipsnya, aku mau curhat dulu, temans. Nggak papa yah? Harus dibaca#maksa nggak sih?? Langsung tancap dah...

FYI nih, aku itu punya masalah sama jerawat. Tapi anehnya, hanya pipi kananku aja yang jerawatan dan pipi kiriku sama sekali nggak berjerawat. Hayooo... ada yang tau nggak masalahnya apa? Aku lupa sejak kapan jerawat ini mulai muncul, yang jelas dulu mukaku termasuk nggak kenal sama jerawat. Bahkan dulu teman-temanku ada yang bilang kalo wajahku halus, sampai ada yang nanya, aku pake apa sih? Pelembab apa? Dan aku jawab nggak pake apa-apa untuk muka, cuma sabun bayi Switsal. Dan memang aku nggak pake apa-apa. Aku sempet bangga setengah mati dulu. Tapi itu dulu, sekarang???
Aku nggak tau apa yang menyebabkan jerawat menghampiriku. Aku sampai sebel dan berpikir yang aneh-aneh. Apa mungkin ada orang yang membakar fotoku, mitosnya kan gitu ya, kalo foto kita dibakar, kita bakal jerawatan. Dan mitos itu sempat merasuki pikiranku. Dan kalo aku berpikir gitu, berarti aku termasuk orang yang berpikiran cetek dong, gampang banget kemakan mitos.

Akhirnya kemungkinan kedualah yang aku yakini sebagai penyebab jerawat. Dulu aku curi-curi pake bedaknya kakakku dan nggak nembung (nyolong ceritanya). Dan itu untuk yang pertama kalinya. Aku nggak tau yang menyebabkan itu karena nyolong bedaknya atau emang kulitku sensitif sama bedak. Aku nggak tau sampai sekarang. Dan berbagai cara sudah aku coba untuk sembuh dari jerawat ini. Kayaknya setiap satu jerawat sembuh, kemudian muncul lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi. Pokoknya begitu terus sampai aku sendiri capek ngetiknya.

Singkat cerita, karena aku udah pengin banget sembuh, aku selalu percaya dengan nasehat orang lain yang menyarankan agar aku memakai ini dan itu. Mulai dari memakai masker apel sampai masker buah mengkudu yang baunya ampun-ampunan. Aku rela kok, sumpah aku rela ngeremet buah mengkudu sampai nempelin adonan mengkudu di wajahku berjam-jam dan hal itu aku lakukan sampai seminggu lebih. Dan hasilnya adalah memuaskan. Memuaskan gagalnya dan baunya.

Aku hitung-hitung sampai sekarang, udah berapa kali aku mencoba semua tips yang orang berikan. Aku pernah maskeran pake apel, mengkudu, dauh sirih ditumbuk, jeruk nipis, bengkoang, putih telur, madu, dan gagal semua. Aku pernah pake kosmetik dari pond's, olay, verille, acnes, kelly, tapi sama aja gagalnya. Korban iklan dah. Sampai aku capek sendiri dan hampir nyerah. 

Oke, cukup sudah curhatannya. Sekarang waktunya berbagi tips dan ayo kita lakukan. Mulai dari kebiasaan buruk yang sering kita lakukan sehari-hari dan mulai sekarang harus dipunahkan dari muka bumi ini. Haghag... sadis nggak sih?

 1. Jangan sering-sering menyentuh wajah
Pastikan tangan selalu bersih. Telapak tangan kita adalah tempat berkumpulnya kuman. Bayangin aja, kita selalu mempergunakan telapak tangan kita untuk memegang benda-benda. Biasakanlah mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan hal yang sekiranya ada banyak kuman di tangan kita. Tapi jangan terlalu sering pula karena kalau terlalu sering bisa membuang bakteri baik dan menjadikan kulit kita jadi kasar.
 
2. Jangan memainkan rambut
Rambut mengandung minyak yang jika menyentuh wajah (baik langsung maupun melalui perantara tangan) bisa menambah penumpukan minyak di kulit muka dan menyebabkan jerawat.

3. Gunakan punggung tangan
Jika Anda benar-benar harus menyentuh wajah, misalnya untuk mengenyahkan benda asing, gunakan punggung tangan dan bukan telapak tangan. Punggung tangan tidak bebas kuman, tapi jumlahnya tak sebanyak kuman di telapak tangan.

4. Sibukkan tanganmu
Biasanya kebiasaan menyentuh-nyentuh jerawat dan mengelus-elus kulit wajah dilakukan saat sedang iseng. Untuk mengalihkannya, beri kebiasaan lain bagi tangan Anda, misalnya memainkan jemari tangan. Memasukkan tangan ke dalam saku, memegang sebuah benda dengan dua tangan, dan melipat tangan di depan dada juga bisa jadi "penahan" agar tangan tak jalan-jalan.

5. Pakai sarung tangan
Ini berlaku untuk Anda yang sering tak sengaja menyentuh wajah saat tidur di malam hari. Tentunya Anda harus memastikan sarung tangan Anda bersih dan selalu rutin dicuci. Mau trik oke? Oleskan lotion pelembap ke telapak tangan sebelum tidur dan tutupi dengan sarung tangan. Anda pun akan bangun dengan tangan yang lembut dan halus.

Naah... tips mencegah munculnya jerawat sudah kan? Sekarang giliran buah apa saja yang baik untuk kulit kita, bisa juga dijadikan sebagai masker.
Pisang
Ini adalah buah yang tumbuh sepanjang tahun. Pisang merupakan sumber zat besi, magnesium dan kalium. Pisang kaya akan vitamin A, B dan E sehingga berfungsi sebagai agen anti-penuaan. Pisang tumbuk yang dioleskan di wajah bisa melakukan ‘keajaiban’ bagi kulit Anda. Kulit pisang juga bisa memberikan efek terhadap kesehatan kulit.
Lemon
Lemon  mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Segelas air hangat dengan satu sendok madu dan sedikit jus lemon bisa memberikan efek yang bagus pada kulit. Lemon dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit.
Lemon juga bisa mengurangi bekas jerawat. Gosok bagian dalam kulit lemon untuk menghilangkan bintik-bintik gelap. Campuran lemon dan madu baik digunakan untuk pemutih alami pada wajah.
Apel
Apel memiliki manfaat yang tak terbantahkan. Apel mengandung zat antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel dan jaringan. Studi yang dilakukan oleh ahli gizi telah menunjukkan bahwa apel banyak mengandung lastin dan kolagen yang membantu menjaga kulit awet muda. Campuran apel tumbuk, madu, air mawar dan oatmeal sebagai masker dapat mengelupas sel-sel kulit mati pada wajah.
Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C yang meningkatkan tekstur kulit. Seperti apel, jeruk juga mengandung kolagen yang memperlambat proses penuaan kulit. Gosok bagian dalam jeruk pada kulit untuk mengencangkan wajah. Jeruk dapat dikeringkan dan ditumbuk untuk digunakan sebagai scrub alami. Jeruk juga berfungsi untuk menyamarkan noda wajah.
Pepaya
Pepaya kaya akan antioksidan dan mengandung enzim khusus yang disebut papain. Papain dapat membunuh sel-sel kulit mati dan mengangkat kotoran wajah. Minum segelas susu pepaya atau menempelkan daging buah pepaya ke wajah membuah kulit makin sehat.
Mangga
Buah lembut ini memiliki efek luar biasa pada kulit. Kaya vitamin A dan kaya antioksidan berfungsi melawan penyebab penuaan kulit. Mangga juga berfungsi meregenerasi kulit dan mengembalikan elastisitas kulit.

Ada juga masker alami. Meski banyak masker siap pakai yang kini ditawarkan di pasaran, sebenarnya bisa lho bikin masker sendiri. Selain murah, berkhasiat, bahan alami yang dipakai juga tidak memiliki efek berbahaya bagi kulit. Oh iya, semua bahan ini cocok untuk semua jenis kulit lho, temans.

Masker putih telur
Campurkan dua sendok makan putih telur dengan dua sendok makan yoghurt tanpa rasa. Aduk hingga merata, lalu oleskan ke kutit wajah Anda. Setelah lima menit, basuh wajah dengan handuk yang telah direndam di air hangat. Manfaat masker ini adalah untuk menambah kelembapan serta kehalusan kulit wajah.

Masker oatmeal
Campurkan satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok yoghurt tanpa rasa. Aduk hingga merata. Setelah itu teteskan dua hingga tiga tetes madu. Lalu campurkan kembali hingga merata. Oleskan masker tadi pada wajah Anda dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu basuhlah dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.

Selain melembapkan dan menghaluskan kulit, masker ini juga berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit yang mati dengan sel yang baru, sehingga kulit Anda akan tampak bercahaya.

Masker gula
Masker gula ini termasuk yang paling sederhana, karena hanya membutuhkan dua sendok makan gula serta tiga sendok makan air hangat. Campurkan kedua bahan hingga merata, lalu gosok masker pada kulit wajah, hingga kadar airnya habis. Setelah itu basuh wajah dengan handuk yang telah direndam di air hangat.

Yogurt
Konsumsi yogurt akan membantu memerangi jerawat dari dalam karena yogurt mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan asam dari yogurt merupakan asam alami yang akan efektif untuk mengurangi penyumbatan minyak pada pori-pori. Yogurt juga mengandung probiotik yang membantu sistem pencernaan untuk berfungsi dengan lebih baik sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan maksimal. Karena itu, konsumsi yogurt bersama dengan diet makanan yang tinggi vitamin, mineral dan protein akan membuat kulit terjaga kehalusan, kelembutan dan elastisitasnya.

Untuk khasiat maksimal, kombinasikan asupan yogurt dengan melakukan perawatan masker yogurt seperti berikut.
-      Cuci wajah dengan pembersih wajah, dan keringkan wajah dengan handuk.
-      Saat posisi badan terlentang, oleskan yogurt dalam rasa natural (plain yogurt) ke seluruh wajah.
-     Diamkan selama 15-20 menit.
-     Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah dari masker tersebut.

Bisa juga menggunakan kreativitas kamu untuk mencampur plain yogurt dengan madu, atau buah-buahan kesukaan untuk mendapatkan khasiat ekstra dari campuran bahan-bahan tersebut.

Layaknya scrub, masker alami ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, serta membantu kulit mengalami pengelupasan yang lebih alami dan aman. Selain itu, masker ini juga mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori.
 
Itu aja, ya! Aku lagi coba yang masker gula nih. 
Oh iya, tips ini sebagian aku ambil dari Yahoo.
Selamat mencoba, temans. Semoga berhasil. Aku ucapin selamat buat kalian yang nggak pernah berurusan dengan jerawat, hehe...

Salam sejahtera adil dan makmur semuaaaa ^_^
Wury

16 comments

10 Februari 2012 18.19

6. Jangan Keseringan Mikirin Pacaran.
Itu juga memicu nongolnya jerawat. Gak percaya? Sering-sering aja, deh! bhahaha...

10 Februari 2012 19.03

Kunjungan malam
saya suka sekali menyentuh jerawat, gemes gak kempes- kempes
Saya cocoknya pakai masker lemon, kalau oatmeal malah berminyak :(

12 Februari 2012 22.39

klo diliat2 kayaknya tangan yang lebih berperan timbulnya jerawat. . . . apa diiket aja yak tanganny ehheheheehehee

13 Februari 2012 11.01

Hwiiii.. pengalamanmu dengan dunia perjerawatan rasanya cukup panjang yaaa. Hihihi...

Aku dulu juga pakainya sabun bayi, tapi yg cussons. Soalnya lembut banget. Hwehehe...
Alhamdulillah tidak terlalu bermasalah dengan jerawat, palingan muncul kalo pas mau datang bulan aja.

Tips nya menarik nih. Makasi yaa Wury :)

14 Februari 2012 11.29

alhamdulillah nggak pernah jerawatan sih :)

14 Februari 2012 11.29

@eksak Makanya nggak usah punya pacar hehe

14 Februari 2012 11.30

@rizki_ris Jangan disentuh, ntar bekas item2 gitu lho, Riz!

14 Februari 2012 11.31

Tangan kayaknya mbak sebagai pemicu utama timbulnya jerawat....hehehhe (Sok tau)

Waahh kalaau dari buah yang bisa dipake untuk masker mbak lebih baik aku makan aja enak mbak...wkwkwkk

14 Februari 2012 11.31

@susu segar Aduh, menyiksa diri sendiri dong. Serba salah emang, huehehe. Repot banget ya kalo punya jerawat

14 Februari 2012 11.33

@armae Pokoknya sepanjang kereta api jogja-jakarta balik lagi ke jogja deh, puanjang puol. Oke2, Mae!

14 Februari 2012 11.39

@Ninda Rahadi Alhamdulillah yah, aku ucapkan selamat, hehe...

14 Februari 2012 11.41

@Hairun Nisya Iya, bukan kayaknya lagi tapi emang tangan yang berperan paling besat dalam dunia perjerawatan hehe. Iya yah, mubadzir nggak sih kalo dipikir2? Hihihi

alhamdulillah sya jrang terkena jerawat....
hehehe...

30 Mei 2012 08.34

Tips nya ok banget,Tapi sayang saya cowok :))
Salam blogger

Anonim
22 Desember 2012 22.01

selalu berpikir positif. pikiran itu yang paling berpengaruh.

Anonim
15 Januari 2013 21.27

mantabh bwangedh dah tipsnya... ^_^

Posting Komentar

 
Powered by Blogger