http://www.ministrywatch.com/App_Themes/Gifs/star.gif

Pages

Subscribe Twitter Facebook

Jumat, 27 Januari 2012

Siapa ter-influence siapa???






 
Mendapatkan ide untuk menelurkan sebuah karya memang tidak gampang. Saya akui memang susaaaaah sekali. Seperti halnya dengan saya, saya selalu merasa kesulitan setiap akan memulai menulis sesuatu, dimanapun, di buku, di blog, ataupun hanya menulis status di facebook. Sebenarnya membuat status di facebook itu adalah hal yang mudah, tapi menurut saya status facebook yang akhir-akhir ini saya baca kebanyakan terkesan alay dan menurut saya status facebook seseorang itu secara tidak langsung menggambarkan sifat si empunya yang punya facebook.

Oke, sebenarnya apa sih, yang menginspirasi saya untuk membuat judul di atas dan apa yang akan saya jabarkan  di sini. Sebenarnya bukan hal yang terlalu penting juga sih. Hanya saja saya merasa risih ketika sudah melihat ataupun mendengar hal yang satu ini. Siapa yang ter-influence siapa? Atau biasa kita sebut dengan plagiat.
Pertama yang akan saya bahas adalah sinetron. Awalnya saya tidak terlalu mempermasalahkan tapi semakin lama saya pikir kok ya aneh gitu. Saya tidak bermaksud untuk merendahkan lho, ini hanya sebuah tulisan yang yaaah... anggap saja tidak penting. Harus diingat, bahwa saya suka menulis dan ingin menulis apa yang ada di pikiran saya. Dan memang inilah yang sedang saya pikirkan. Hedewh... tumben banget mikir!

Sinetron berjudul DEWA. Siapa sih yang tidak tahu? Semua pasti tahu sinetron satu ini, memang banyak sinetron yang tayang dan memang semuanya tidak masuk akal ceritanya, menurut saya lho. Dua hari yang lalu, secara tidak sengaja, ketika saya menonton acara Hitam Putih di Trans7, jari saya memencet tombol nomor 5 dan layar televisi berganti saluran yakni RCTI. Tahu nggak adegan apa yang saya lihat?? Sebuah, euuhh... pemilihan kata yang sulit untuk menyebutkan satu arwah. Sebuah arwah? Pokoknya gitulah, yang penting di situ terlihat arwah si Sakti (Dude Herlino) gentayangan, dan arwah itu bisa dilihat oleh Dewa sama satu orang yang saya nggak tahu namanya. Sungguh aneh!

Seketika itu juga, pikiran saya langsung melayang ke sebuah drama Korea (baru saja tamat) berjudul 49 Days. Saya mengikuti drama Korea itu, karena memang saya suka sekali dengan semua film Korea, entah kenapa saya sendiri malah tidak tau. Ceritanya sama, arwahnya gentayangan, tapi bedanya di drama Korea ini cewek yang kecelakaan terus dia koma, namanya Ji Hyun. Tapi drama Korea ini dikemas sangat menarik dan saya tertarik mengikuti alur ceritanya walaupun memang agak kurang masuk akal, hehe... Tapi yang jelas, menurut saya drama Korea 49 Days tayang lebih dulu sebelum DEWA.

Tidak hanya itu, ternyata ada satu cerita yang lagi-lagi hampir sama alur ceritanya. Tapi cerita ini dikemas dalam sebuah novel, tapi memang novel yang berjudul IF I STAY ini sangat bagus sekali. Seorang wanita yang bernama Mia Hall, mengalami sebuah kecelakaan tragis dan dia koma. Arwahnya berkelana dan bisa melihat orang-orang yang ia kasihi. Hatinya begitu hancur.

Oke, cukup! Bagaimana menurut kalian? Setuju? Atau mungkin secara kebetulan ide mereka sama? Who knows? Tapi yang jelas 49 Days dan novel If I Stay, keluar terlebih dulu sebelum sinetron DEWA.
Dan satu lagi nih, tapi sebenarnya sudah telat juga kalau saya menulisnya sekarang, tapi tidak apa-apalah. Kalau kali ini adalah sebuah lagu. Sekali lagi, siapa ter-influence siapa? Lagu Simple Plan yang berjudul "Crazy" ini sama dengan lagunya UNGU yang berjudul "Semua Telah Berakhir". Melodinya mirip, kunci gitarnya mirip. Coba aja kalian dengarkan. Tapi yang jelas, FYI Crazy keluar lebih dulu. Haha... ini lagu sudah jaman baheula, tapi kenapa saya tulis sekarang. Yaaahh... karena saya membuat postingan dengan judul "Siapa Ter-influence Siapa??" baru hari ini.

Happy reading... kayak ada yang baca aja! Salam sejahtera (eh?)


27 comments

27 Januari 2012 pukul 15.54

Ha°˚:D˚°ha°˚=))˚°ha°˚:D˚°ha°˚=)).. Yaa gitu deh bobroknya perindustrian film di negara kita (huft)

Dulu banget aku suka endless love, eh dijiplak sm sinetron yg maen leony judulnya aku lupa, trus yg princess hour dijiplak sm marshanda judulnya malah lupa lagi, dan ternyata, ftv2 yg srg tayang di tv jg hasil jiplakan semua ceritanya, kpn hari pernah liat ftv, ealah lha kok critanya sama persis ky the proposal yg dimainin sm sandra bulog.. Ee >:/Caº°˚ ˚°ºX_XPeº°˚ ˚°º3-|Dehº°˚ ˚°º#:-s.

Anonim
27 Januari 2012 pukul 19.25

hmm...
kunjungan balik nih..
heheheheheheehe...
nyimak aja aahh, one bukan penikmat sinetron..
hehehehe

27 Januari 2012 pukul 21.31

wuaaaa....itu film favo akuu..49 days...wkwkwk
kalo soal sinetron indo..wah no comment deh...begitulah indonesia...wkwkwkw
keep writing...

27 Januari 2012 pukul 23.16

wah mbaknya ne suka merendah,,padahal ok punya tuh,,,

28 Januari 2012 pukul 08.17

wah wury siapa yg ga suka nonton 49 dy.
Ini dram korea yg aku paling suka selama hidupku kekkekekkeke...

aku kLo ketnggalan beberapa episode aja sedh wkkwkwkw... bis unik ceritanya rame seru...

selain itu krang begtu suka

28 Januari 2012 pukul 23.19

hahahaha, kebetulan aja sama...
meski gak suka sama yang namanya sinetron, tapi setidaknya tau lah Indonesia, sinetronnya dibuat mirip sama adegan film2 lain biar lebih keren..

salam kenal kak,

29 Januari 2012 pukul 09.32

Aku gak ngerti sinetron Dewa. apa ya itu??? hihihi.. dasar emang aku juwwwwwarang banget nonton TV, apalagi sinetron. gak sukak sama sekali wess..

Hmmm.. kalo masalah lagu sih memang suda banyak yaaa. Yah, nyontek salah satu musisi terkenal Indonesia aja, yg menurutku cukup bijak, (cuma aku lupa siapa :p ). Katanya sih, "tangga nada kan cuma 7, jadi wajar kalo ada yg berkesan mirip-mirip gitu..." :D

30 Januari 2012 pukul 09.47

@UswahHalo, makasih ya kunjungan baliknya

Iya tuh, jadi intinya dari dulu sampai sekarang sama ajalah.
Eh, tapi walaupun begitu teteplah harus menghargai, huihihi...

30 Januari 2012 pukul 09.50

@Nick SalsabiilaCoba tanya ke semua cewek pecinta drama korea, siapa sih yang nggak suka 49 Days, hehehe

30 Januari 2012 pukul 09.52

@setiaonebudhiPercaya deh kalo cowok itu emang jarang yang suka sama sinotron sama drama2an, menye-menye emang huihihi

30 Januari 2012 pukul 09.53

@kickadiSekali-kali merendah ah, hehe... makasih yaa :)

30 Januari 2012 pukul 09.56

@Annur EL- Kareem Iya unik, tapi jadi nggak unik kalo idenya ada yang nyama2in, hiks...
kemarin aku sempet ketinggal beberapa episode, gara2 tipiku rusak sak sak, hiks (lagi)

30 Januari 2012 pukul 09.57

@nafi Hai nafi, salam kenal balik!!

Kebetulan yang aneh berarti huehuehue...

30 Januari 2012 pukul 09.59

@armae Hai Mae... iya juga sih, tapi masa iya sih samanya nganti plek, hehe... Tapi tetep ya kita harus menghargai, kita sendiri juga nggak bisa kok ya. ^_^

30 Januari 2012 pukul 10.49

Hai Wury... sory banget baru sempat balas berkunjung nih.... :(

aku kurang suka nonton sinetron, karena kebanyakan ceritanya menjiplak (atau dijiplak?? mbuh iku...) cerita dari sumber lain.

Anakku malah suka banget nonton sinetron (apa itu judulnya ya?..) yang diperankan oleh personil smash... nah ceritanya itukan juga persis cerita beberapa sinetron luar.... ih... no comment deh... miris aja ngelihatnya, bikin karya baru kek....

btw, followed you back ya....

Have a great Monday!

30 Januari 2012 pukul 15.34

wah sinetronn hHAHAH

eh iya salam kenal yah

jangan lupa juga follow back ok

30 Januari 2012 pukul 20.47

saya suka film 49days
drama koreanya bagus

31 Januari 2012 pukul 11.11

@alaika abdullah Hai, Kak! Wooo... Cinta cenat-Cenut iku. Iya, itu cerita mirip-mirip Meteor Garden, BBF, pokoknya itulah, hehe...
Okee.... tengkyu, Kak!

31 Januari 2012 pukul 11.12

@ockta Huihihi... oke tunggu kedatanganku :)

31 Januari 2012 pukul 11.12

@oh adindaIya, emang bagus, unik hehe

31 Januari 2012 pukul 15.03

Waa kemungkinan memang cuma dua. Ide sama, atau memang terinspirasi, atau memang jiplak. Eh itu tiga ya?

Benarkah lagu ungu mirip? Jarang denger lagu ungu soalnya. Tapi sekarang jadi pengen tahu. Cari ah

31 Januari 2012 pukul 15.54

@namarappuccino Kemungkinan tiga-tiganya diterima hehe
Coba aja dengerin, tapi menurutku sama :)

1 Februari 2012 pukul 17.51

aku tdk terlalu suka sinetron..lebih asyik telenovela...hahaha... #gustavo jemput aku nanti malam..# kwkwkwkwkw...

salam kenal wury

2 Februari 2012 pukul 14.22

@littleopie Jiaah, telenopela sama aja sinetron, huehuehe...
Salam kenal juga opie :)

2 Februari 2012 pukul 23.41

Wow.. memberikan contoh dengan sangat jelas tanpa ada sensor huruf...

Memang begitulah industri hiburan jika dalam kondisi diminta membuat karya baru dalam waktu mepet (deadline) sementara ide kreatif tak selalu muncul setiap waktu.. contek sana-sini jadi solusi termudah.. Meski banyak yang mencibir hal ini, toh tetep ada orang lain yang menikmatinya.. CMMIW

3 Februari 2012 pukul 08.34

@Faril Biar jelas sekalian, mudah-mudahan tidak ada yang tersinggung :)
Memang sih, tapi tidak salah juga sebenernya. Hanya saja ide 'itu' banyak memunculkan kesan2 negatif. Toh bener banget, Mas, masih banyak yang terhibur karena mungkin mereka kurang mengetahui bahwa yang mereka tonton itu hasil jiplakan, hehe

4 Februari 2012 pukul 01.12

@Wury Nonton serial "Anak Kaki Gunung" aja... bagus nih (nggak tau ceritanya plagiat ato bukan, tapi bagus kog..)
Smoga semakin banyak serial buatan dalam negeri yang seperti ini... #berharap

Posting Komentar

 
Powered by Blogger